Kamis, 02 Maret 2017

REVIEW : ARRIVAL 2016



Apa sih yang kamu harapakan dari sebuah film science fiction? sebuah kepuasan sinematik dari luar angkasa kah, atau adegan kejar kejaran intens alien vs astronot?

kalau hanya hal hal diatas yang kamu cari, sudah pasti kamu akan kecewa dengan Arrival. But wait! ini adalah film fiksi ilmiah yang diadaptasi dari kumpulan cerita pendek "story if your life" nya Ted Chiang yang notabene memiliki reputasi baik dan disutradarai oleh Dennis Vilenueve yang juga sudah berhasil dengan Prisoners, Enemy dan Sicario berusaha membuat karya terbaiknya di Arrival.

Bersama Eric Hessierer sebagai penulis naskahnya dan ditunjang oleh peraih nominasi Academy Awards, Amy Adams, Forest Whitaker dan Jeremy Renner, Arrival akan menjadi film fiksi ilmiah yang berbeda dari film kebanyakan.

Walaupun premisnya terlihat seperti film fiksi ilmiah kebanyakan, namun Arrival tidak menitikberatkan pada hingar bingar invasi alien melainkan bagaimana proses komunikasi antara Alien dan manusia. Tentang simbol simbol yang membawa pada arti realita tentang siapa dan apa tujuan para Alien tersebut.

dengan durasi 117 menit, mungkin beberapa penonton awan akan kesulitan dengan tutur ceritanya yang lambat. Namun Dennis Villenueve mengganti adegan visual efek megah dengan rangkain dan pengembangan ceritanya yang sangat baik.



Film menceritakan tentang seorang ahli linguistik yang mengajar di suatu universitas bernama Louise Banks (Amy Adams) yang kehidupannya berubah ketika fenomena tentang makhluk asing mucul dimana dibertikan benda asing masuk ke bumi yang diklaim sebagai sebuah pesawat luar angkasa dan disinyalir membawa alien alien di dalam pesawat tersebut.

CIA pun mempercayakan kepada louise untuk mencari tahu apa motif Alien tersebut datang ke bumi. Louise sebagai ahli linguistik pun mencoba mengetahui bahasa yang ingin mereka tampilkan. Memahami pola-pola yang dikeluarkan oleh Alien tersebut sehingga pola tersebut bisa dibentuk menjadi susunan bahasa manusia yang dapat diketahui artinya. Dengan begitu, manusia tahu apa tujuan makhluk luar angkasa itu datang ke bumi.




Jujur saja, selama saya nonton film ini banyak orang yang kebingunan di kanan kiri saya, banyak yang tertipu oleh genre nya yang fiksi ilmiah. Menonton Arrival perlu kerja ekstra penontonnya untuk merangkai setiap adengan di filmnya agar menjadi film yang utuh. Ini adalah sebuah film mengenai bagaimana setiap orang memerlukan bahasa untuk mewakili kenyataan yang mereka lihat dan alami. Denis Villenueve serasa ingin meperlihatkan pada penonton bahwa filmnya di titik beratkan pada proses pemahaman bahasa dan menggiring agar penonton sepakat dengan bahasa visual yang ditampilkan. Namun memang hasilnya berbeda, untuk penonton kasual pasti mengernyitkan dahi dan bertanya tanya tentang apa yang dimaksudkna dari film ini walaupun berbagai macam referensi sudah ditebar di sana sini untuk memudahkan penonton, namu bagi saya pribadi dan penonton lain yang terbiasa dengan film model seperti ini, jelas kerja keras Dennis Villenueve di Arrival adalah juara!